"Untuk hal-hal yang telah terpikirkan dan kemudian terlupakan, kami mengemasnya dalam desain-desain ingatan."
Jumat, 13 September 2013

Sesuai abjad, nama saya selalu duluan. Semoga ini bukan unsur kesengajaan. 

Mengawali tulisan ini saya teringat, Alm. Pak Yahya (Kepsek SD saya) pernah menolak saya diterima sebagai siswa di Sekolah Dasar. Alasannya cukup masuk akal, umur 5 tahun adalah umur masuk TK. Namun, saya yang sangat ingin sekolah tidak menerima keputusan itu begitu saja. Setiap hari saya menangis di rumah minta untuk dimasukkan ke sekolah. Akhirnya, dengan bantuan ayah saya yang pada waktu itu juga guru di SD tersebut, saya bisa bersekolah. Sebagai siswa termuda. Entah karena saya adalah anak guru, saya berhasil membayar kepercayaan Pak Kepsek dengan mendapatkan rangking 1 dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP. Kemudian saya dibangga-banggakan oleh orang tua dan mereka menaruh harapan tinggi kalau saya mampu berprestasi sampai ke perguruan tinggi. Lantas dapatkan pekerjaan layak yang lebih baik dari mereka berdua. Minimal kerja kantoranlah. Hehehe... (tidak sesuai harapan).

Beberapa kawan menyebut saya seorang pendiam. Tapi jika ditanya ke saya: lebih suka saya jawab, saya adalah orang yang tak banyak bicara dan bukan orang yang tak suka bicara. Saya meyakini apa yang saya jalani, dan menjalani apa yang telah saya yakini. 

Mulai saya geluti desain ketika semester 5 kuliah. Saat itu saya tinggal di kampus. Terus terang, awalnya motivasi saya belajar corel draw, photoshop, dan beberapa software desain grafis lain adalah karena uang dan pekerjaan. Bukan karena saya suka desain. Bisa desain, bisa dapat uang. Motivasinya itu. Makanya jangan heran kalau desain saya sekarang kurang rasa seninya. Kan saya diinginkan bisa jadi orang kantoran! Bukan seniman. Hahahaha... 

Saya belajar desain secara otodidak, belajar photoshop mulai dari potong gambar, edit gambar, ganti background, begitulah seterusnya. Kemudian mulai buat objek dengan coreldraw, saya terus belajar dan yakin: saya bisa. Hingga jadilah seperti sekarang. Alhamdulillah, sekarang saya dianggap sama teman-teman sudah bisa desain, tapi masih tetap belajar desain.

Nb. Pengakuan ini ditulis sendiri oleh Ade Kurniawan pada 14 Dec. 2011, dan sekian lama tersimpan dalam folder komputer admin.

0 komentar:

Posting Komentar